Jadilah Pendengar yang Baik Bagi Anak Remaja

Jadilah Pendengar yang Baik Bagi Anak RemajaIlustrasi

Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu keharusan bagi orang tua yang mempunyai anak remaja. Menjadi pendengar yang baik dapat membantu orang tua mempererat hubungan dengan anak-anak, memahami anak dengan lebih baik, dan menemukan solusi dalam memecahkan masalah.

Sarah Pickard, psikolog tumbuh kembang anak dari Université Sorbonne Nouvelle, Paris, dalam portal familyshare.com memberikan beberapa tips tentang bagaimana orang tua bisa menjadi pendengar yang baik bagi anak-anaknya, terutama bagi anak remajanya.

Tunjukkan keseriusan mendengar

Beradalah dalam posisi yang nyaman untuk menunjukkan pada anak remaja, bahwa Anda bersedia  meluangkan waktu untuk mendengarkan apa yang dikatakan anak. Anda bisa duduk, berdiri, atau bersantai.

Lakukan  kontak mata

Kontak mata sangat penting karena menunjukkan pada anak remaja, bahwa Anda serius mendengarkannya. Kontak mata juga membuat Anda fokus dan menghindari gangguan.

Mengakui

Gerakan sederhana seperti anggukan kepala atau mengucapkan “ya..ya..ya “ atau menyetujui apa yang dikatakan anak menegaskan, bahwa Anda masih aktif mendengarkan.

Mengajukan pertanyaan

Ajukan pertanyaan sebagai tindak lanjut dari apa yang dikatakan anak. Mengajukan pertanyaan  menunjukkan bahwa Anda tertarik pada apa yang anak katakan.

Peduli

Biarkan anak tahu bahwa Anda peduli tentang apa yang mereka katakan dengan misalnya mengatakan “Ibu mengerti bagaimana perasaan kamu” atau “Ibu yakin yang membuat kamu marah.”

Tidak pernah mengganggu

Jangan sekali-kali menyela ucapan anak. Jika Anda ingin mengatakan sesuatu, tunggulah si anak berhenti berbicara atau saat jeda dalam percakapan. Menyela cenderung membuat pembicaraan tidak fokus.

Pickard juga mengatakan, orang tua perlu terus memperbaiki dan meningkatkan keterampilan mendengar. Anak remaja akan sangat berbahagia dan senang memiliki orang tua yang mau mendengarkan mereka. Yanuar Jatnika

Sumber : sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

COMMENTS