Hal Ini Bisa Membantu Si Kecil Menjadi Lebih Percaya Diri

Hal Ini Bisa Membantu Si Kecil Menjadi Lebih Percaya DiriIlustrasi

Dalam psikologi anak, ada banyak sekali hal-hal penting yang harus anda perhatikan. Bahkan hal-hal yang kecil sekalipun juga akan berpengaruh terhadap perkembangan anak ke depannya. Salah satu yang menjadi kekhawatiran banyak orangtua adalah anaknya yang kurang percaya diri dan pemalu. Kurang percaya diri dan pemalu ini memang tidak buruk, terutama kalau berkaca dari psikologi kepribadian. Namun demikian, sedikit banyak, kurang percaya diri yang berlebihan malah akan menimbulkan masalah lain yang lebih besar. Karena itu penting bagi para orangtua untuk membiasakan sang anak supaya bisa lebih percaya diri, atau minimal mampu untuk menunjukkan dirinya sendiri. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa anda lakukan supaya si kecil bisa menjadi lebih percaya diri :

  1. Berikan tugas/tanggung jawab yang sesuai dengan usianya

Tugas dan tanggung jawab haruslah dikenalkan kepada si kecil sejak dini. Misalnya belajar, menepati waktu, menepati janji, dan sebagainya. Ajarkan pada anak untuk memenuhi tugas dan tanggung jawabnya, dan pastikan si anak berhasil memenuhinya dengan baik. Hal ini akan meningkatkan kepercayaan diri si kecil.

  1. Apresiasi segala hal yang dilakukan

Banyak orang tua, baik secara sadar ataupun tidak lebih sering memarahi anaknya akan suatu hal ketimbang memberikan apresiasi. Padahal, sekecil apapun apresiasi yang diberikan, akan membantu si anak supaya lebih percaya diri dalam melakukan suatu hal. Sebaliknya, terlalu sering memarahi dan tidak mempedulikan kegiatan si kecil malah akan membuat si kecil merasa rendah diri, dan pastinya akan mengurangi kepercayaan diri.

  1. Dorong si kecil untuk berbicara

Banyak terjadi juga dimana orangtua seringkali tidak memberikan kesempatan bagi anaknya untuk memberikan pendapat. Seringkali dibalas dengan perkataan “anak kecil tau apa sih?”. Nah, sebisa mungkin hindari hal ini, dan seburuk apapun ide atau pendapat yang diberikan si anak, orangtua haruslah menghargai dan mendorong si anak untuk bisa mengutarakan pendapat dengan baik. Berilah kesempatan kepada sang anak supaya mau berbicara dan mengemukakan pendapat mereka.

  1. Dukung kegiatan si kecil

Dukunglah apapun hal baik yang ingin dilakukan si kecil. Olahraga, bermain sepeda, menekuni hobinya, apapun itu asalkan merupakan hal yang baik, orangtua sebisa mungkin harus mendukungnya. Hal ini membantu si anak untuk belajar mengambil keputusan sendiri, dan lebih berani dalam bertindak dalam hal yang baik tentunya.

  1. Tunjukkan rasa percaya diri anda

Orangtua adalah role model terbaik bagi seorang anak. Anak-anak akan mengikuti sikap orangtuanya dengan lebih mudah dan cepat. Karena itu, apabila anda ingin supaya anak anda lebih percaya diri, maka anda bisa menunjukkan sikap percaya diri yang kuat, yang bisa menjadi role model terbaik bagi anak anda.

Itulah 5 hal penting yang bisa anda lakukan supaya si kecil bisa memiliki kepercayaan diri yang kuat. Ingat, sikap dan perilaku si kecil akan muncul sesuai dengan perlakuan anda kepada mereka. apabila anda memperlakukan mereka sebagai orang yang memiliki kepercayaan diri tinggi, maka si kecil akan tumbuh sebagai anak yang penuh percaya diri.

Sumber : www.psikoma.com

COMMENTS