Cerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang Tahun

Cerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang TahunCerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang Tahun (Foto: Lynette Abbott/ Craft May Occasion)

HaiBunda, Jakarta – Bunda pasti pernah nih mengajarkan ke anak kalau setiap orang dilahirkan berbeda. Jadi, anak bisa menerima perbedaan pada dirinya dan teman lain. Terus, dalam pergaulan, dia nggak melakukan diskriminasi misalnya. Senang banget ya kalau anak kayak gitu. Eh, tapi tahu nggak Bun kalau kita bisa mengajarkan soal perbedaan ke anak lewat pesta ulang tahun lho.

Nggak kepikiran ya kalau pesta ulang tahun bisa jadi medium buat ngajarin perbedaan ke anak sekaligus anak bisa menerima keadaannya? Sama, saya juga kok. Tapi, inilah yang dilakukan ibu dua anak di Miami, Lynette Abbott. Jadi ceritanya, anak Lynnette, Anyah berulang tahun yang ke-5.


Cerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang Tahun (Foto: Lynette Abbott/ Craft May Occasion)

Kebetulan, Anyah suka banget nih sama tokoh mermaid alias putri duyung. Timbullah ide Lynnette untuk bikin karakter mermaid, tapi yang lebih mirip sama Anyah. Ya, putri duyung dengan kulit cokelat dan rambut keriting berwarna cokelat. Seperti kita tahu ya, selama ini kan mermaid identik banget sama rambut merah atau pirang dan kulit putih. Tapi, kalau kita bisa menciptakan sosok mermaid yang berbeda, kenapa nggak?

“Saya sengaja membuat karakter putri duyung mirip anak saya. Apalagi rambut, ini selalu jadi topik ketika bicara soal orang yang warna kulit dan rambutnya beda. Dengan karakter itu, saya harap anak saya juga bisa mencintai dirinya. Karena mermaid ini memang berbeda dari mermaid yang ada kebanyakan,” kata Lynnette, dikutip dari Huffington Post.


Cerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang Tahun (Foto: Lynette Abbott/ Craft May Occasion)

Lewat kreativitasnya mendekorasi pesta anak, Lyennette memang pengen banget ‘menciptakan’ karakter-karakter lain yang lebih berwarna. Misalnya, disesuaikan sama kulit dan rambut anak. Wah, lucu banget ya variasi karakter-karakter itu!

Dalam website-nya, Craft My Occasion, Lynnette juga bilang kalau selama ini dikit banget Bun dekorasi ulang tahun yang karakternya mirip dengan sang anak. Apalagi, untuk Anyah wajar banget kan kalau dia pengen pesta ulang tahun dengan tema yang lagi hits di antara teman-temannya.

“Saya cuma ingat kata Elizabeth Gilbert bahwa kita bisa menciptakan sesuatu yang kita harapkan ada. Dan, saya melakukannya,” ujar Lynnette.

Memang ya, Bun kadang kala perbedaan fisik anak bisa jadi sumber ketidakpercayaan diri mereka. Tapi, itu bisa kita minimalkan kok dengan menanamkan body image postif ke anak. Caranya gimana? Kalau kata psikolog anak dan remaja Sutji Sosrowardoyo, sejak dini kita kasih tahu ke anak apa sih kelebihan yang dimiliki terkait kemampuannya.


Cerita Ibu Ajarkan Perbedaan ke Anak Lewat Pesta Ulang Tahun (Foto: Lynette Abbott/ Craft May Occasion)

Dikutip dari detikHealth, Sutji bilang kita bisa mengembangkan bakat dan kemampuan anak. Dengan begitu, anak tahu nih kalau dia juga punya kelebihan. Nah, nantinya anak nggak hanya menilai dirinya berharga dari segi tampilan fisik aja tapi juga dari apa yang bisa dia lakukan.

Nah, Bunda udah melakukan apa aja nih untuk mengajarkan ke anak soal perbedaan dan supaya mereka bisa menerima perbedaan itu? Ayo Bun berbagi carita Bunda di kolom komentar.

Sumber : haibunda.com

COMMENTS