6 HABBIT OF HIGHLY EFFECTIV PARENTS

6 HABBIT OF HIGHLY EFFECTIV PARENTS

1. Seringlah mengajak anak berdiskusi

Berdiskusi sebagai teman, membicarakan keseruan yang dilakukan setiap hari, serta selalu menghargainya sebagai lawan bicara yang sejajar. Fokuslah kepada anak ketika berdiskusi, agar mereka merasa dihargai dan memupuk kepercayaannya kepada kita sebagai oraang tua. Berdasarkan penelitian, lama waktu diskusi anak dan orang tua berbanding lurus dengan IQ dan kemampuan membacanya.

2. Bacakan Buku untuk si kecil

Buku anak yang berkualitas adalah buku dengan komposisi gambar 70% dan komposisi tulisan hanya 30%. Karena di sinilah peran orang tua untuk mengembangkan cerita agar tercipta kedekatan antara anak dan orang tua. Agar membaca buku semakin menarik, ciptakan suara-suara khas yang disukai anak-anak, serta gunakan buku anak dengan lustrasi yang menarik. Penelitian menunjukkan bahwa seorang anak yang dibacakan buu oleh orang tuanya minimal 20 menit per hari, memiliki kecerdasan sama seperti anak berusia 15 tahun.

3. Ajak anakmu bermain

Bermain akan menstimulasi kemampuan mengingat, kemampuan berbicara, kemampuan menyelesaikan masalah, serta kemandirian. Pilih waktu ketika anak tidak mengantuk maupun lapar. gunakan permainan yang memiliki nilai edukatif untuk menambah fungsi bermain

4. Batasi menonton TV

Rata-rata anak menonton 20.000 iklan yang ditayangkan oleh televisi dalam setahun. 34% dari iklan tersebut adalah iklan makan yang mengandung banyak gula!! Belum lagi efek negativ dari tayangan yang tidak sesuai usia. Jadi, sehatkan anakmu dengan membatasinya menonton TV.

5. Stimulasi jiwa seni si kecil

Sediakan alat-alat menggambar di sekitar anak untuk mengekspresikan jiwa seninya. Mulailah dengan mengajaknya menggambar bentuk-bentuk sederhana serta mengenalkannya dengan pencampuran warna. Proses menggambar akan menstimulasi kreativitas anak.

6. Sering-seringlah bersentuhan dengan si kecil

Memeluk, mencium, membelai, menggendong, menggandeng tangannya, atau sekedar mengusap bahunya akan sangat berarti bagi perkembangan emosional serta perkembangan otaknya.

sumber :
early childhood education degrees

COMMENTS