6 Faktor Yang Mempengaruhi Anak Sering Keluar Malam

6 Faktor Yang Mempengaruhi Anak Sering Keluar MalamIlustrasi | Foto: Net

Banyak sekali hal yang harus kita ketahui disaat anak sering sekali keluar malam dan mungkin ini adalah sebuah ke-khawatiran bagi banyak orang tua. Dalam pembahasan kali ini saya akan menjelaskan mengenai penyebab anak sering keluar malam dan berikut adalah penjelasan nya:

1.) Merasa Kurang Diperhatikan

Semua anak pasti mengharapkan perhatian serta kasih sayang dari orang tua nya, tetapi terkadang ada saja anak yang merasa dirinya kurang diperhatikan dan kurang diberikan rasa kasih sayang oleh orang tuanya sehingga ia berfikir bahwa dirinya tidak penting di kehidupan orang tuanya.

Menurut saya itu adalah salah satu penyebab anak sering keluar malam ya karena ia memiliki pikiran bahwa dia sudah tidak diperhatikan lagi oleh orangtuanya. Bisa jadi karena orang tuanya mungkin sangat sibuk kerja sehingga ia lupa memperhatikan anaknya dan itu bisa saja terjadi.

Yang diharapkan dari anak itu sendiri ya ia ingin mendapatkan perhatian yang lebih dan saya rasa kalau misalkan dari orang tuanya memberikan perhatian saya rasa anak tersebut tidak akan keluar malam lagi kok. Jadi ya sebagai orang tua sudah sepatutnya untuk memberikan perhatian yang lebih untuk anak nya sendiri.

Mau sesibuk apapun sebaiknya berikan perhatian kepada buah hati tercinta nya agar anak tidak sering keluar malam dan lebih betah untuk dirumah.

2.) Tidak Diberikan Waktu Untuk Bermain

Sejatinya yang dibutuhkan dari anak-naka remaja itu hanyalah ingin bermain bersama dengan teman-temannya, mungkin penyebab anak sering keluar malam itu ya karena ia nekat pergi lantaran tidak diberikan izin oleh orangtunya untuk bermain.

Sudah banyak sekali kejadian anak yang kurang diberikan waktu untuk bermian sehingga ia nekat untuk nongkrong saat malam hari dan kembali lagi karena si anak itu merasa tidak diberikan kebebasan untuk bersenang-senang dengan teman sebayanya.

Ini juga bisa menjadi pemicu remaja sering keluyuran malam hari mereka berpikir bahwa “ah kok gue gabisa kayak yang lain sih main sebebasnya” pikiran seperti itulah yang terkadang membuat anak menjadi nekat untuk pergi keluar rumah saat malam hari.

Sebenarnya serba salah sih ya, pertama orang tua melarang anaknya main karena mereka takut anaknya terjerumus dalam hal yang tidak benar, dan kedua anak tersebut merasa tidak diberikan waktu bersenang-senang dengan teman nya sehingga menyebabkan anak sering keluar malam.

3.) Selalu Dikekang

Penyebab anak sering keluar malam yang selanjutnya adalah karena anak tersebut selalu dikekang oleh orang tuanya. Sebagian anak berani melakukan hal nekat seperti kabur di malam hari lantaran ia bosan karena selalu dikekang atau tidak diberikan kebebasan oleh orang tuanya.

Dan ini sekali lagi adalah bisa dibilang sebuah kesalahpahaman, sama seperti dinomor 2 tadi. Orang tua berlaku seperti itu karena tidak lain dan tidak bukan karena ia takut anaknya masuk ke jalan yang salah dan disisi lainnya anak tersebut merasa dikekang oleh orangtuanya.

Sebenarnya banyak remaja yang bertanya mengenai kenapa orang tua saya selalu meng-kekang saya? jawaban nya adalah karena orang tua kalian sayang kepada kalian. Tidak mungkin orang tua kalian melakukan hal itu tanpa didasari oleh suatu hal.

Ketika kalian di kekang oleh orang tua kalian itu bukan berarti mereka tidak sayang oleh kalian, justru itu adalah bentuk kasih sayang yang diberikan oleh orang tua terhadap anak nya lantaran takut anaknya berbuat yang macam-macam diluar sana.

4.) Bosan

Bosan adalah salah satu pemicu anak sering keluar malam yang selanjutnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan atau jenuh itu pasti dialami oleh semua orang termasuk anak-anak. Rasa bosan dirumah bisa jadi merupakan penyebab anak sering keluar malam.

Si anak ini merasa bosan dirumah dimana mungkin kalau dirumah ia hanya main handphone, makan, tidur dan setiap hari hanya seperti itu. Ia berfikir tentang bagaimana caranya agar tidak bosan dirumah dan pilihan nya adalah dengan cara keluar rumah pada saat malam hari.

Seharusnya sih kalau misalkan si anak tersebut bisa memanfaatkan waktu nya dirumah dengan baik ya anak tersebut tidak akan merasa bosan, karena mungkin ia hanya tahu nya main handphone saja akhirnya bosan lalu memutuskan keluar malam tanpa sepengetahuan orang tuanya.

Jadi sebisa mungkin kita harus tahu mengenai cara agar anak tidak bosan dirumah sehingga anak tersebut tidak berani untuk keluar pada saat malam hari.

5.) Merasa Sepi

Ketika anak itu merasa sepi maka itu bisa menjadi salah satu alasan anak sering keluyuran malam hari dimana anak tersebut ingin mencari teman atau sahabat untuk menemani dirinya. Banyak anak yang merasa hidupnya sepi lalu ia memutuskan untuk pergi bermain.

Sebenarnya ya sah-sah saja kalau misalkan si anak ini ingin mencari teman sejati untuk menemani kesepiannya.

Jadi bisa saja faktor anak sering keluar malam mungkin karena ia merasa sepi dan merasa tidak punya teman sehingga ia keluar hanya untuk mencari teman baiknya. Jadi mungkin bisa diatasi dengan memberikan kebebasan bermain dan memilih teman untuk anak tersebut.

Tugas nya orang tua ya membebaskan anak nya untuk memilih teman yang baik. Dan itulah yang harus dimanfaatkan oleh anak itu dimana sudah diberikan kebebasan untuk mencari teman yang baik harus dimanfaatkan sebagus mungkin.

6.) Selalu dimarahin

Nah kalau yang satu ini mungkin dirasakan oleh semua anak-anak dan ini bias menjadi penyebab anak remaja menjadi sering keluar malam. Mungkin saja dirumah anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tuanya karena sifat nya yang sangat bandel.

Nah ketika si anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tua nya maka ia merasa ingin segera kabur dari rumah sehingga tidak dimarahin lagi oleh orang tuanya. Mungkin alasan orang tua selalu mrahin anak ya karena sifat anak nya yang bandel dan tidak mau diatur.

Dan kalau misalkan sudah dimarahin berkali-kali sih seharusnya si anak tersebut sadar dan mencari tahu bagaimana caranya agar tidak dimarahin oleh orangtuanya.

Jadi yang harus kalian ketahui adalah orang tua memarahi anaknya karena orang tua ingin anaknya menjadi pribadi yang baik serta tidak mengulangi kesalahannya kembali.

Nah baiklah diatas adalah sedikit info yang sudah saya share mengenai penyebab anak sering keluar malam. Bagaimana apakah sudah cukup membantu? dan saya masih akan memberikan tips selanjutnya buat kalian.

Kalau misalkan kita sudah tahu faktor pemicu anak sering keluar malam mungkin masih ada yang bingung tentang bagaimana sih cara mengatasi anak yang sering keluar malam? Bisa cek artikel Cara Mengatasi Anak Yang Sering Keluar Malam Hari

 

Sumber : ferdiblog.net

 

 

COMMENTS