Mengajarkan Matematika Pada Anak Prasekolah

Mengajarkan Matematika Pada Anak PrasekolahIlustrasi

SAHABAT KELUARGA – Matematika sering disebut sebagai mother of all sciences alias ibunya sains. Hal ini dikarenakan matematika merupakan alat yang digunakan untuk memecahkan banyak persoalan sains.

Dalam kehidupan keseharian pun kita tidak lepas dari matematika. Kita membutuhkan ilmu yang satu ini saat jual beli, menghitung zakat, menentukan awal Ramadan, mengukur kecepatan dalam olahraga, mengukur jarak dalam perjalanan, mengolah data, bahkan hingga menakar bahan untuk membuat kue.

Begitu pentingnya ilmu matematika dalam kehidupan, sampai-sampai ilmu yang satu ini dianggap penting diajarkan sejak anak masih balita. Namun, matematika seperti apa yang mesti diajarkan ke anak prasekolah?

Umumnya orang tua akan mengajarkan angka dan operasi bilangan pada anak usia prasekolah mereka. Setelah anak lancar menjumlah, orang tua menganggap anak sudah pandai matematika.

Sesungguhnya, matematika itu bukan cuma tentang operasi bilangan, tapi juga struktur, ruang dan perubahan. Karena itu, supaya anak memiliki kemampuan matematika, orang tua harus memberikan pelajaran-pelajaran dasar yang membuat mereka bisa memahami empat bagian matematika di atas.

Apa saja pelajaran dasar matematika untuk anak prasekolah?

1. Jumlah

Anak prasekolah belajar angka dan operasi bilangan melalui hal-hal yang kongkret, seperti menjumlahkan lidi atau batu. Setiap kali anda hendak mengajarkan penjumlahan, sediakan selalu benda-benda yang bisa dia hitung. Dengan begini, dia akan paham konsep dasar operasi bilangan.

2. Geometri

Ajarkan geometri (bentuk, ukuran, ruang) pada anak melalui benda-benda yang bisa mereka lihat dan raba. Misalnya mengenalkan pada anak bentuk segitiga atau lingkaran melalui balok atau kertas, mengenalkan konsep di dalam, luar, atas, bawah, dan seterusnya. Sepertinya ini terlihat remeh, tapi percayalah inilah konsep geometri paling dasar. Jika anak sudah menguasai ini, pemahaman akan geometri terbentuk di otaknya. Ini akan membuat dia mudah memahami matematika.

3. Ukuran

Kenalkan pada anak ukuran panjang pendek, besar kecil, banyak sedikit, berat ringan, dan seterusnya.

4. Pola

Pelajaran mengenai pola akan membuat anak-anak mudah memahami sebuah rumus ketika besarnya. Mulailah dengan mengenalkan pola sederhana, seperti urutan warna yang berulang (merah, kuning, merah, kuning, dan seterusnya) atau memberikan puzzle. (Maya Lestari Gf – Penulis dan aktivis pendidikan literasi)

 

Sumber : sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

COMMENTS