Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Merangsang Motorik Anak

Jenis-Jenis Mainan yang Bisa Merangsang Motorik AnakIlustrasi | Foto : Istimewa

SAHABAT KELUARGA- Yang namanya anak-anak pasti punya keinginan untuk membeli mainan, apalagi bila melihat teman-temannya mempunyai mainan.

Masalahnya, ketika kita ingin membelikan mainan, yang perlu dipertimbangkan tidak semata soal harganya atau tentang populer atau tidak populernya mainan tersebut atau karena anak menyukai permainan tersebut.

Banyak hal yang harus dipertimbangkannya. Salah satunya adalah jenis kelamin anak. Pilihlah mainan yang bukan hanya aman untuk si kecil, tapi juga harus disesuaikan dengan usia dan jenis kelamin anak.

Bagi ibu-ibu yang memiliki anak laki-laki, mungkin jenis-jenis permainan dibawah ini bisa dipertimbangkan karena dapat merangsang motorik.

 

Sepeda

Sepeda sangat berguna untuk melatih motorik anak, seperti kekuatan otot, keseimbangan tubuh, dan visualisasi.

 

Bola

Ada banyak yang bisa anda kenalkan melalui bola ini, seperti sepak bola, baseball, basket, bahkan golf. Ajarkan anak untuk memikirkan strategi bermain bola agar dapat memenangkan pertandingan. Selain dapat mengasah kemampuan berfikirnya, bermain bola juga bisa membuat tubuh anda dan anak menjadi sehat.

 

Petak umpet

Meskipun saat ini kita berada di jaman yang modern, namun jenis permainan yang satu ini tetap menarik untuk diterapkan kepada anak. ajaklah anak untuk bermain petak umpet bersama anda dan anggota keluarga lainnya. jika memungkinkan, dorong dia untuk bermain petak  umpet ini bersama dengan teman-temannya.

 

Puzzel

Untuk tahap awal, buatlah anak agar tertarik untuk menyatukan bagian-bagian gambar yang terpisah untuk kemudian disatukan menjadi sebuah gambar yang utuh. Anda dapat membimbingnya untuk memainkan permainan ini. manfaat dari permainan ini adalah untuk mengasah kemampuan imajinasi dan visual anak.

 

Lego

Pada dasarnya lego adalah jenis permainan yang bisa dipake oleh anak laki-laki dan perempuan. Namun jika anda membelikannya khusus untuk anak laki-laki, maka pilihkan lego dengan tema superhiro seperti batman, ironman, dan sebagainya. anda juga bisa memilihkan lego dengan tema lalu lintas di sekitar. Buatlah anak untuk tertarik memainkan permainan tersebut. Permainan lego ini bermanfaat antara lain untuk: Mengembangkan ketrampilan spasial, Kemampuan matematis, Meningkatkan kreativitas dan kemampuan memecahkan masalah, Kemampuan bersosialisasi, dan Meningkatkan kemampuan berbahasa. Yanuar Jatnika

 

Sumber : sahabatkeluarga.kemdikbud.go.id

COMMENTS