GURU, ORANGTUA, TRAINER & SIAPAPUN YANG BERINTERAKSI DENGAN MANUSIA HARUS TAHU INI!

GURU, ORANGTUA, TRAINER & SIAPAPUN YANG BERINTERAKSI DENGAN MANUSIA HARUS TAHU INI!

Nah apa apaan ini?

Kok pakai kata harus segala. Hee heee
Sebenarnya tidak harus sih tapi idealnya tahu. Minimal tahu, atau lebih bagusnya paham dengan baik.

Kenapa demikian?

Karena apapun anda, siapapun anda penting sekali akan berhubungan erat dengan hal ini. Terutama guru, trainer oeangtua pasti kalau ingin menyentuh hati muridnya harus paham hal ini.

Bahkan kata para dokter jika ingin sholat khusyuk dan hidup tenang perlu memahami hal ini. Apa itu?

BRAIN WAVE

Yaaa cara kerja otak kita yaitu dengan memahami BRAIN WAVE.

Seperti gambar ini ada 4 bagian dalam otak manusia, Betha, Alpha, Thetha, dan Delta.
Ayooooooo kita bahas satu satu. Siap? Ini pembahasan dengan bahasa yang mudah dimengerti oleh saya. Nah kalau saya mengerti anda juga pasti bisa lebih mengerti.

1. BETHA

Kondisi otak sedang sadar, mikir, biasanya tidak fokus alias pikiran bercabang. Cirinya Menganalisa, membandingkan
Kata para ilmuan kondisi gelombang otak ini membuat seseorang sering stress, kerja terus, mikir terus tanpa hadirkan hati bisa stress.

Contoh kerja otak beta adalah ketika orang baru bisa naik motor. Ini baru belajar ya, apa yang terjadi? capek, lelah banget, karena sepanjang jalan mikir terus, tidak santai tidak relax, jika ditengah jalan ada truk besar dia akan mikir, “Aduuuuuh gimana ini, gimana caranya masukkan gigi atau undurkan ke gigi dua” dan terus saja berfikir yang menyebabkan capek.

Orang marah, pasti kondisi gelombang otaknya sedang BETHA, makanya capeeeeeeek banget. Inilah salah satu alasan ilmiah larangan marah.

2. ALFA

Kondisi otak manusia dimana seseorang dalam keadaan sadar, rileks santai, tenang. Nah kondisi gelombang otak ini adalah kondisi dimana seseorang mudah dalam menerima ilmu, pelajaran, atau nasihat. Karena sistem RAS (Reticula Activating Systemnya) sudah terbuka.

Sehingga mereka mudah menerima pelajaran.

Nah ini sangat penting untuk guru ketahui, ehhhh mungkin sudah tahu kali ya. Hehehe.
Contoh kasus kalau naik motor:

Seorang berkendara sudah bisa, sudah lancar berkendara maka dia akan tenang, santai, rileks, bahkan bisa sambil nyapa temannya , “Heeey bro, Assalamulaikum” saking santainya
Kenapa guru, orangtua, trainer motivator tidak didengar misalnya.

Mungkin saja kondisi otak audiens lagi riweh lagi tidak fokus, atau daya tahan memperhatikan materi lemah sehingga jika gelombang otak audiens atau murid kembali ke BETHA maka cepat cepat kembalikan pada kondisi gelombang otak ALFA.

Ada bayangan ya?

Caranya bagimana agar murid kita? Audiens kita kembali ke kondisi alfa buat jeda baik dengan ice breaking, distractor, gerakan atau apapun yang membuat audiens kembali fokus.

Nah inilah alasan mengapa ada supermarket yang namanya ini. jangan disebut nanti saya dikira Ambassador. Ting tong?

Salah satu yang paling membuat anak anak atau audiens ALFA adalah CERITA. Catat ya CERITA. Ini tidak bisa dibantah. Hehehehe.

Satu lagi, ini penting pastikan ketika memulai pelajaran tidak boleh langsung mulai ke pelajaran, misalnya, “Anak anak hari ini kita akan belajar sejarah Pangeran Diponogoro”
Kenapa demikian?

Karena otak manusia baru mulai masuk kelas itu masih BETHA, masih banyak cabang pikirannya. Sehingga perlu kita samakan gelombang otaknya menuju ALFA.

Masuklah ke ALFA ZONE terlebih dahulu. Dengan cara: Cerita, ice breaking, gunakan gambar, simulasi, bernyanyi, menggunakan vidio atau hal lainya yang manfaat yang membuat anak anak tersenyum lalu menerima materi. Ingat yang terpenting tidak boleh langsung ke belajar. Butuh masuki dulu gelombang otak ALFA.

Apa lagi yang membuat orang ALFA. Catat ya:

senyum, ramah, semangatnya kita, rambut kita disisir rapi, badan yang wangi, tumbhing (memberikan jempol tanda pujian) pada orang laing, dan masih banyak lagi yang akan membuat orang lain ALFA (nyaman)

Sadar tidak sadar kalo dalam islam kenapa kita sebelum sholat wajib wudhu, harus tampil bersih, sunnah senyum, kalau ketemu saduara harus semangat, pake minyak wangi, memberikan hadiah nah inilah hikmahnya islam. (hal ini semua mengakses gelombang otak ALFA)

Kalau kita amalkan agama pasti kita tenang, nyaman, damai rileks dengan izin Allah.

3 THETA

Kondisi otak manusia dimana ia sadar, rileks, tenang, timbul rasa.

Bisa dibayangkan? Ini lebih dalam dari alfa, lebih rileks.

Pernah sholat malam sendiri lalu tenang, adem kemudian ada getaran nikmat didada seraya air mata menangis karena banyaknya dosa dan sebab kita bersyukur masih hidup di dunia/

Nah inilah gambaran gelombang otak Theta. Disini juga penyembuhan, meditasi, dan kuatnya hati.

4 DELTHA

Tidak sadar, tidur.

Nah ini juga penting. Kondisi tidur. Disini tidak perlu belajar karena namanya juga sedang tidur. Hehehehe.

Ini adalah masa pemulihan tubuh kita, ini sangat penting untuk anak anak karenanya terutama anak anak harus diperhatikan kenyamanan saat tidurnya, tempat tidurnya bantalnya, dan semua yang membuat dia nyaman saat mengakses gelombang otak DELTA.

Semoga ada bayangan ya teman teman? Amiin

Bila ada manfaatnya boleh diamalkan boleh di SHARE juga agar lebih manfaat.

Eeeeeh jangan jangan sudah pada tidur nih, sudah akses gelombang DELTHA

Sukses selalu teman teman, sekali lagi jika manfaat boleh anda LIKE & SHARE, jika ada yang ingin didiskusikan boleh kok di kolom komentar!

Salam

Ka Wawan Herman Husdiawan

COMMENTS