Faktor-Faktor Anak Remaja Keluar Malam

Faktor-Faktor Anak Remaja Keluar MalamIlustrasi | Foto: istimewa

Ketika anak sudah memasuki masa remaja dimana masa peralihan dari masa anak-anak menuju masa dewasa, banyak sekali hal yang harus kita ketahui disaat mereka sering sekali keluar malam. Ini adalah sebuah ke-khawatiran bagi banyak orang tua.

Dalam artikel kali ini Mari Konseling akan menjelaskan mengenai mengapa anak sering keluar malam.

  1. Merasa Kurang Diperhatikan
    Umumnya seorang anak ingin di perhatikan oleh kedua orang tuanya. Ketika remaja sedang gundah, sedih bahkan senang dan bangga akan karya yang mereka buat sendiri.Ketika remaja tidak mendapatkan perhatian di lingkungan rumah, maka mereka akan mencari di luar rumah. Kadang hanya sekedar cerita kepada teman, sampai bersenang-senang tanpa mengenal waktu.Perhatian sangat dibutuhkan bagi remaja. Maka dari itu tetap berikan perhatian pada anak remaja anda dan berikan reward ketika anak anda berhasil melakukan sesuatu. Karena remaja sekarang partisipasi saja harus mendapatkan reward tanpa harus berhasil.
  1. Selalu Dikekang
    Remaja adalah masa dimana mereka mencari jati dirinya masing-masing. Mengenal siapa dia dan mau seperti apa dia. Maka jika remaja merasa di kekang dan tidak di beri kebebasan, mereka akan mencari kebebasan itu di luar rumah.Teman sebaya akan menjadi faktor terbesar dalam mereka mencari kebebasan. Karena teman sebaya akan selalu mendukung apa yang dilakukan anak tersebut.Jadi cobalah beri kebebasan dalam memilih dan berekspresi pada anak remaja anda. Namun dalam batas kewajaran seorang anak.
  1. Bosan
    Tipe kepribadian remaja yang mudah sekali merasa bosan. Bosan adalah salah satu pemicu anak sering keluar malam yang selanjutnya, memang tidak bisa dipungkiri bahwa rasa bosan atau jenuh itu pasti dialami oleh semua orang termasuk anak remaja. Rasa bosan dirumah bisa jadi merupakan penyebab anak remaja sering keluar malam.Si anak ini merasa bosan dirumah dimana mungkin kalau dirumah mereka hanya main handphone, makan, tidur dan setiap hari hanya seperti itu. Mereka berfikir tentang bagaimana caranya agar tidak bosan di rumah dan pilihannya adalah dengan cara keluar rumah pada saat malam hari.Jadi sebisa mungkin kita harus tahu mengenai cara agar anak tidak bosan dirumah sehingga anak tersebut tidak berani untuk keluar pada saat malam hari.
  1. Selalu dimarahin
    Berikutnya adalah salah satu hal dirasakan oleh semua anak remaja dan ini bisa menjadi penyebab anak remaja menjadi sering keluar malam. Mungkin saja dirumah anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tuanya karena sifat nya yang sangat bandel.Ketika si anak tersebut selalu dimarahin oleh orang tuanya maka mereka merasa ingin segera kabur dari rumah sehingga tidak dimarahin lagi oleh orang tuanya. Mungkin alasan orang tua selalu memarahi anak karena sifat anak yang bandel dan tidak mau diatur.Untuk hal ini beri pengertian kepada si anak, jangan sedikit kesalahan langsung memarahi anak. Bicara secara baik-baik dengan mereka. Buat agar mereka mengerti mengapa mereka di marahi atau di larang untuk melakukan sesuatu hal.

Nah baiklah diatas adalah sedikit info yang sudah Mari Konseling bagikan mengenai penyebab anak remaja sering keluar malam.

Kalau misalkan kita sudah tahu faktor pemicu anak sering keluar malam mungkin masih ada yang bingung tentang bagaimana sih cara mengatasi anak yang sering keluar malam?

Tunggu artikel selanjutnya. (NA)

COMMENTS