8 Cara Mengatasi Anak Rewel Yang Paling Ampuh

8 Cara Mengatasi Anak Rewel Yang Paling AmpuhIlustrasi

Tentunya, orangtua akan terpancing emosi saat menghadapi anak mereka yang sedang rewel. Anak yang rewel tentunya membuat orangtua geram dan kerap memarahi anaknya. Terkadang, sikap orangtua yang tidak dapat menahan emosi dapat melukai anaknya baik fisik maupun mental.

Tidak dapat dipungkiri, anak rewel memang sangat merepotkan bagi orangtuanya. Hal ini umum terjadi jika seorang anak batita maupun balita begitu rewel dengan tiba-tiba. Tak jarang, mereka dengan tiba-tiba menangis dan menjerit yang disertai dengan amukan yang tidak jelas. Ini membuat orangtua tidak dapat melakukan kegiatan sehari-harinya karena sepanjang hari mengurus anak yang rewel tersebut. Mungkin, diantaranya anak yang rewel tidak diketahui dengan pasti apa penyebab kerewelannya tersebut. Jika anak sudah sekolah, mungkin dia akan mengawali harinya dengan menangis terlebih dahulu.

Ketika hal tersebut terjadi, sebaiknya orangtua mengetahui dan memahami karakter anak yang tidak dapat kita tebak begitu saja. Anak-anak seringkali menampilkan karakter yang berbeda-beda sesuai pertumbuhannya kadang bersikap rewel dan selalu menangis.

Cara Mengatasi Anak Rewel

Mendapati hal tersebut, tentu orangtua sebaiknya bersikap tenang dan sabar dalam mengasuh anak serta jangan terpancing emosi yang pada akhirnya akan melukai anak Anda. Sebab faktanya bahwa anak batita dan balita cenderung bersikap rewel dan marah-marah kepada orangtuanya jika keinginannya tidak terpenuhi. Jika orangtua mudah terpancing emosi dan bereaksi berlebih pada anak-anaknya, maka akan meninggalkan mental yang cukup buruk pada perkembangannya nanti.

Sumber-Sumber Penyebab Anak Rewel

Sebelum melakukan tips dan cara mengatasi anak rewel, tentu Anda harus mengidentifikasi sumber-sumber penyebab anak rewel berikut ini:

Rewel karena sakit

Sumber yang pertama ini memang sangat umum  terjadi pada anak. Wajar jika anak bersikap rewel kala sedang sakit. Kerewelan tersebut dapat memicu Anda untuk bersikap spontan pada anak bahkan sampai melukai anak. Kondisi sakit tentunya membuat anak Anda tidak nyaman dan bersikap uring-uringan tidak jelas. Tentu, dengan kondisi badan yang tidak stabil dan tidak enak, maka semua itu akan mengubah sikap dan prilaku pada anak. Yang tadinya ceria dan aktif akan mendadak cengeng dan murunng tak jelas bahkan akan lebih bersikap manja kepada orangtuanya terutama ibunya.

Rewel ketika bertamu

Sikap rewel ini seringkali membuat orangtua geram saat mereka berkunjung kerumah sahabat atau kerabat. Tak heran jika balita seringkali merengek-rengekminta pulang saat bertamu kerumah orang lain. Sikap rengekan ini disebabkan oleh batita ataupun balita yang menganggap bahwa rumahku adalah surgaku.

Tentu, mereka merasa tidak ada tempat senyaman rumah selain rumahnya terlebih jika lingkungan tempat dia bertamu begitu asing dan tidak nyaman. Bertemu dengan sosok asing diluar rumah membuat balita tidak mau bersosialisasi dengan lingkungan luar.

Rewel karena ditinggal orangtua

Hal ini tentu menyebabkan anak akan rewel kala ditinggalkan oleh orangtuanya. Aktifitas orangtua diluar yang terlalu lama akan menyebabkan anak rewel hanya karena ingin bertemu dengan orangtuanya. Mungkin Anda sering mendapati ketika orangtuanya bekerja, seorang anak akan rewel karena selalu ingin bersama dengan orangtuanya.

Tentu, anak Anda akan merasa bahwa Anda adalah sosok yang sangat dekat dan paling dipercaya baginya. Maka, sulit bagi Anda untuk melakukan aktifitas diluar sana saat mendapati anak Anda yang rewel. Anak Anda akan merasa tidak aman jika bersama dengan oranglain.

Rewel ketika ditempat baru

Dinilai wajar jika perilaku anak Anak rewel dengan tiba-tiba saat berada ditempat baru. Seringkali hal ini membuat sebagian orangtua merasa kesal dengan reaksi anak tersebut. Anak rewel dapat disebabkan karena merasa sesuatu mengancam dirinya. Terlebih jiak Anak belum mengetahui kondisi sebelumnya dengan keadaan ligkungan tersebut. Untuk contoh, jika seorang anak diajak untuk berobat, mereka akan merasa aneh dengan tempat tersebut karena mendapati ruangan yang serba putih  serta peralatan yang membuatnya merasa takut seperti jarum suntik, mesin USG dan stetoskop. Lingkungan semacam ini tentu akan membuat anak Anda merasa sedikit ketakutan.

Rewel saat pagi hari

Kerewelan yang anak Anda tunjukkan setiap pagi atau setelah anak tidur dapat dibilang hal yang biasa pada setiap anak. Waktu dimana menjadi dinding antara bangun dan tidur yang menyebabkan sikap anak Anda sedikit tidak karuan. Terlebih jika seorang Anak mendapati pengalaman yang tidak mengenakan sebelum dia bangun. Mendapati pengalaman yang tidak menyenangkan tersebut, hal ini akan berdampak pada mimpi buruk yang berbekas pada saat bangun tidur. Hal yang umum terjadi, seorang balita atau batita akan rewel setelah bangun tidur karena merasa terganggu dan merasa lelah oleh suara berisik yang ditimbulkan.

Rewel saat datang ke suatu acara

Acara orangtua terutama seorang ibu akan membuat anak merasa stress dengan lingkungan barunya. Tentunya, Anda akan mendapati suatu kondisi yang mengharuskan Anda untuk membawa buah hati Anda ke suatu acara tertentu seperti arisan, reuni atau belanja. Namun, Anda tidak jarang mendapati anak Anda yang cenderung rewel dan meminta pulang denngan segera. Jika Anda tidak menurutinya, maka Anak Anda akan cengeng dan menangis seketika juga.

Tentu, ini akan membuat sebagian orangtua merasa kesal dan bersikap spontan bahkan mencubit anaknya dengan tidak sadar. Padahl, sikap anak yang seperti itu terbilang wajar karena tentunya anak akan bersikap tidak menerima lingkungan baru dengan orang-orang yang baru pula. Bukan hal yang tidak mungkin, seorang anak akan menganggap bahwa acara tersebut tidaklah menyenangkan sama sekali sehingga akan menyulitkan Anda untuk membawa Anak tersebut ke acara tertentu.

Rewel ketika naik kendaraan

Kondisi ini tentu pernah Anda dapatkan ketika seorang anak rewel ketika diajak naik kendaraan. Sepertinya kendaraan merupakan suatu tempat baknya sebuah neraka bagi seorang anak. Penyebab anak tidak mau naik kendaraan karena merasa bosan berlam-lama diangkutan umum. Terlebih jika seorang anak suka mabuk kendaraan dan membuat anak tidak nyaman akan kondisi seperti ini seperti udara yang dingin, sesak dan penat ketika berada diangkutan umum. Tentunya, anak merasa aktifitasnya dibatasi karena dianjurkan untuk duduk dan tidak dapat berjingkrang-jingkrak dimanapun dia mau.

Rewel ketika diajak tergesa-gesa

Pada umumnya seorang anak tidak ingin merasa dirinya tergesa-gesa dengan sikap orangtua yang terburu-buru. Banyak orangtua yang merasa kesal dan pusing ketka mengajak anaknye pergi dengan tergesa-gesa. Anak yang tidak nyaman akan merasa dipaksa untuk melakuakn sesuatu seperti berganti pakaian, mandi, bahkan makan. Tentu, ini akan membuat  perasaan anak Anda tidak nyaman.

Rewel saat ingin meminta perhatian lebih

Seringkali Anda akan merasa risi dengan kerewelan yang terjadi pada saat anak Anda meminta perhatian yang lebih dari orangtuanya. Keberadaan ibu dianggap sebagai sosok yang sangat berharga dihidupnya. Ingin mendapatkan perhatian lebih dari orangtuanya merupakah sikap yang wajar bagi seorang batita dan balita. Sepulang bekerja tentu seorang anak ingin mendapatkan perhatian yang lebih meskipun ibunya merasa sangat kecapaian.

Cara Mengatasi Anak Rewel Yang Tepat

Setelah kita mengetahui penyebab kerewelan pada anak, berikut ini kami sajikan tips dan cara mengatasi anak rewel yang bisa Anda lakukan ketika mendapati anak Anda yang rewel.

  1. Cara mengatasi anak rewel ketiaka anak Anda sakit. Bersikap sabarlah ketika menghadapi anak yang sedang sakit. Tentunya, anak Anda ingin mendapatkan perhatian yang lebih dari orangtuanya. Anak yang sedang sakit harus dimanja seperti mengusap-usap rambutnya, digendong, dan tanyakan mana yang terasa sakit. Jika anak meminta makan, suapi sedikit demi sedikit dan jangan paksa anak untuk makan jika dia tidak mau. Katakan pada anak jika minum obat adalah sesuatu yang sangat penting bagi tubuh.
  2. Cara mengatasi anak rewel ketika anak Anda ingin mendapatkan perhatian yang lebih. Ketika Anda mendapati anak yang rewel karena ingin mendapatkan perhatian. Tentu, Anda harus bersikap tegas dan konsisten untuk memberikan perhatian pada anak Anda. Bersikap lemah lembutlah dan selalu bertanya apa keinginan anak sebenarnya. Jika Anda merasa sedang cape coba pujilah Anak dan berikan penghargaan kepada anak Anda apa yang telah dia capai pada hari itu. Penghargaan tentunya bukan hanya berupa hadiah, namun pelukan dan ciuman seorang ibupun menjadi obat ampuh bagi si kecil.
  3. Cara mengatasi anak rewel kala bertamu kerumah seseorang atau datang ke lingkungan baru. Cobalah untuk jangan memarahinya didepan tamu karena hal ini akan membuat Anda merasa malu telah menegur buah hati Anda didepan orang lain. Anda bisa membujuk anak Anda untuk mengeksplorasi tempat barunya tersebut agar lingkungan tersebut merasa aman untuknya. Tentunya, ajari anak untuk bersosialisasi dengan orang lain tanpa merasa ketakutan sehingga mereka akan merasa percaya diri berada ditempat baru tersebut.
  4. Cara untuk mengatasi anak rewel ketika ditinggal oleh orang tuanya tentu menjadi moment yang sangat menyedihkan bagi seorang anak. Tentu untuk menghindari hal tersebut, Anda harus menghindari untuk pergi sembunyi-sembunyi dari seorang anak bahkan berbohong. Jika orangtua berbohong, maka Anda secara tidak langsung mengajarkan anak Anda untuk berbohong pula. Cobalah untuk mengatakan bahwa Anda akan segera kembali dengan cepat. Cepat atau lambat anak Anda akan mengerti dengan sendirinya.
  5. Cara mengatasi anak rewel saat naik kendaraan adalah hal yang sangat wajar dengan penyebab yang sudah Anda ketahui sebelumnya. Orang tua harus mampu mengajak anak untuk mengobrol tentang apapun yang tidak membuat anak Anda bosan. Karena, berkendara bagi anak adalah sesuatu yang sangat menjenuhkan bagi anak. Terlebih Anda akan harus membawa bekal makanan dan minuman selama perjalanan.
  6. Cara mengatasi anak rewel ketika Anda yang datang ke suatu acara tertentu seperti arisan bukanlah sesuatu yang sulit bagi Anda. Sebenarnya, ini hal yang wajar bagi Anda karena bertemu dengan orang asing dilingkungan tersebut. Mungkin, lingkungan tersebut menjadi tempat yang tidak menarik dan sangat menjenuhkan bagi anak Anda.

Itulah beberapa penyebab, tips dan cara mengatasi anak rewel yang bisa Anda lakukan saat ini pada anak Anda. Perlu Anda tahu menegur dan memarahi anak saat rewel bukanlah sesuatu yang tepat bagi Anda. Semoga artikel yang kami sajikan diatas dapat memberikan manfaat bagi Anda dalam mendidik anak dengan baik. Semoga bermanfaat!

COMMENTS