Melatih Kesabaran pada Anak, Coba Cara Efektif Ini

Melatih Kesabaran pada Anak, Coba Cara Efektif IniMelatih anak untuk sabar./Copyright shutterstock.com

Vemale.com – Melatih kesabaran pada anak memang bukan perkara mudah. Kita sebagai orang tua harus lebih dahulu tahu cara mengelola emosi dan sabar sebelum mengajari anak pemahaman soal sabar. Karena butuh proses yang cukup lama untuk membuat anak bisa bersabar dan mengelola emosinya dengan baik.

Zaman sekarang biasanya orang tua langsung memberikan gadget atau smartphone pada anak untuk membuatnya diam atau tenang. Meski cara ini terlihat berhasil tapi bahayanya anak bisa kecanduan bahkan ketergantungan dengan gadget. Daripada menggunakan gadget, ada cara-cara yang lebih efektif untuk melatih kesabaran anak, seperti cara-cara yang berikut ini.

Visualisasikan Waktu


Bantu anak memahami waktu./Copyright brightside.me

Dilansir dari brightside.me, anak-anak mulai memiliki kemampuan berpikir abstrak sekitar usia 9 tahun. Sebelum usia tersebut, mereka berpikir dengan cara yang lebih konkret, inilah kenapa mereka masih kesulitan membedakan durasi waktu seperti apa bedanya 15 menit dan 45 menit. Untuk membantu pemahaman mereka soal waktu, kita perlu membantunya memvisualisasikannya,

Ambil contoh soal menunggu ayah pulang. Ayah akan pulang pukul 18.00. Kalau kita langsung bilang pukul 18.00, anak-anak mungkin sulit untuk memahaminya. Jadi, coba ganti dengan memberinya penjelasan seperti, “Ayah akan pulang saat matahari sudah terbenam,” atau, “Kalau langitnya sudah mulai gelap, ayah akan pulang sebentar lagi.” Jadi ia lebih gampang memahami berapa lama lagi waktu yang dibutuhkan untuk menunggu si ayah pulang.

Beri Waktu Anak untuk Bermain Sendirian


Pilih aktivitas bermain yang cocok untuk anak./Copyright brightside.me

Salah satu manfaat mengizinkan anak bermain sendirian adalah untuk membebaskan daya imajinasi dan kreativitasnya. Coba arahkan anak untuk menikmati waktu bermain sendiri. Tapi jangan memberinya tablet atau smartphone yang ada game di dalamnya.

Coba pilihan game yang lebih mengasah daya kreativitas, seperti jigsaw puzzle, bermain boneka, merangkai lego, dan bermain rumah-rumahan. Anak akan terlatih untuk memahami emosinya dan belajar untuk melakukan segala sesuatu dengan lebih mandiri.

Menunggu Sambil Membuat Sesuatu


Sibukkan anak dengan berbagai aktivitas./Copyright brightside.me

Anak-anak sudah tak sabar untuk liburan atau menghabiskan hari raya di luar kota misalnya. Menghitung hari demi hari akan terasa sangat panjang. Di sini, kita bisa bantu anak untuk menyibukkan diri dengan membuat sesuatu.

Menyibukkan diri bisa jadi cara efektif untuk mengelola emosi dan belajar sabar. Apalagi anak-anak biasanya gampang merasa cepat bosan, jadi sebagai orang tua kita perlu membantunya untuk berkreasi dan menyalurkan daya imajinasi dan kreativitasnya.

Sebenarnya ada banyak cara yang bisa kita lakukan untuk melatih kesabaran pada anak. Bisa juga disesuaikan dengan kepribadian dan karakter anak. Kalau moms sendiri punya tips dan trik lain nggak untuk mengajari anak bisa lebih sabar dalam kesehariannya?

Ditulis Oleh : Endah Wijayanti

COMMENTS